Posted by : Unknown Selasa, 16 September 2014


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
 Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari organisme hidup yang berukuran sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang melainkan dengan bantuan mikroskop. Organisme yang sangat kecil ini disebut sebagai mikroorganisme, atau kadang - kadang disebut sebagai mikroba, ataupun jasad  renik.  Mikrobiologi  merupakan suatu istilah luas yang berarti studi tentang organisme hidup yang terlalu kecil untuk dapat dilihat dengan mata terlanjang. Dalam bahasa Yunani “Mikrobiologi” diartikan  micros  yang berarti kecil, bios yang artinya hidup dan logos yang artinya kata atau ilmu. Dalam  konteks  pembagian ilmu modern, Mikrobiologi mencakup studi tentang bakteri (bakteriologi), jamur (mikologi), dan virus (virologi).
Mikroorganisme yang bermanfaat antara lain: yang menghuni tubuh (flora normal), beberapa mikroorganisme yang terlibat dalam proses fermentasi makanan: pembuatan keju, anggur, yoghurt, tempe / oncom, kecap, dll. produksi penisilin, sebagai agen biokontrol, serta yang berkaitan dengan proses pengolahan limbah. Mikroorganisme tidak dapat dipisahkan dengan lingkungan biotik maupun lingkungan abiotik dari suatu ekosistem karena berperan sebagai pengurai. Oleh karena itu organisme yang hidup di dalam tanah berperan aktif dalam proses - proses pembusukan, humifikasi dan mineralisasi. Ada juga mikroorganisme tertentu yang dapat mengikat zat lemas  (N) dari udara bebas sehungga dapat menyuburkan tanah.
Mikroorganisme yang merugikan, antara lain yang sering menyebabkan berbagai  penyakit ( hewan,  tumbuhan,  manusia), diantaranya: flu burung dan flu babi yang akhir-akhir ini menggemparkan dunia termasuk Indonesia, yang disebabkan oleh salah satu jenis mikroorganisme yaitu virus. Selain itu, juga terdapat beberapa jenis mikroorganisme yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian dari mikrobiologi?
2.      Bagaimanakah perkembangan studi mikroorganisme?
3.      Bagaimanakah proses fermentasi sebagai proses mikrobiologis?
4.      Apa sajakah penemuan-Penemuan Berharga Para Tokoh Mikrobiologi?.
5.      Apa sajakah penemuan peranan mikroorganisme sebagai penyebab         penyakit?
6.      Bagaimana perjalanan Panjang Sejarah Perkembangan Mikrobiologi Dan Perseteruan Yang Menyeliputinya ?

C.     Tujuan
1.      Agar kita dapat mengerti tentang pengertian mikrobiologi
2.      Agar kita dapat mengetahui tentang perkembangan studi mikroorganisme.
3.      Agar kita dapat mengetahui fermentasi sebagai proses mikrobiologis.
4.      Agar kita mengetahui penemuan-Penemuan Berharga Para Tokoh Mikrobiologi.
5.      Agar kita dapat mengetahui tentang penemuan peranan mikroorganisme sebagai penyebab penyakit.

6.      Agar kitadapat mengetahui perjalanan Panjang Sejarah Perkembangan Mikrobiologi Dan Perseteruan Yang Menyeliputinya

Melanjutkan membaca Download Disini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Ampibi - PR_MJ - Powered by Sainstik - Designed by - PR_MJ